Kenali Corong Pemisah, Bagian-bagian, Fungsi, dan Prinsip Kerja

Jenius people pasti gak asing dengar kata ‘corong pemisah’ atau disini ada yang sudah coba? apa itu corong pemisah? Corong pemisah adalah laboratorium yang mana berfungsi sebagai ekstraksi cair-cair, jadi kalau jenius people mau baca secara detail apa itu corong pisah? Kuyyy

Simak terus yah!

Corong pemisah

Namanya juga pemisah yah kan,  berarti corong pemisah adalah alat ekstraksi yang sering digunakan dalam laboratorium dengan komponen campuran dua fase yaitu, terutama cair-cair, nah pemisahannya biasanya dari kerapatan yang berbeda  atau berat jenis cair-cair tersebut.

Biasanya sih yang dua fase tadi, fase yang pertama yaitu air, dan fase yang lainnya berupa pelarut organik seperti kloroform, etil asetat, diklorometana dan yang lainnya.

Kalau dalam corong pisah campuran dengan menggunakan pelarut organik nanti berada di atas fase air, kecuali nih yah dari pelarut unsur halogen.

Alat ini biasanya digunakan dalam farmasi, kimia, pengolahan makanan karena fungsinya tidak hanya pemisahan, alat ini juga sebagai pemurnian dan penyaringan.

Baca Juga:

Bagian-bagian Corong pemisah

Sudah tahu apa itu corong pemisah? nah sekarang kita membahas secara bentuk atau bagian dari corong pisah, corong pemisah ini seperti kerucut  yang ditutupi setengah bola.

Biasanya kalau alat yang ditemukan di laboratorium, corong pemisah terbuat dari kaca borosilikat, dan bervariasi terdapat ukuran 50 mL sampai 3 L.

Sebuah corong pemisah terdiri dari tiga komponen utama yang berperan penting dalam proses pemisahan:

Bagian-bagian Corong Pemisah| Sumber: www.sentrakalibrasiindustri.com

Stopper

Stopper adalah penutup atas corong pemisah yang membuat jenius people mengisi dan mengosongkan corong dengan mudah.

Bagian ini juga memastikan tidak ada kebocoran selama proses pemisahan berlangsung.

Separatory Funnel

Separatory funnel adalah bagian utama dari corong pemisah yang berbentuk seperti corong terbalik. Bagian ini adalah tempat di mana campuran yang sudah dimasukkan akan dipisahkan.

Stopcock

Stopcock adalah katup yang terletak di bagian bawah separatory funnel. Dengan mengatur posisi stopcock, Anda dapat mengendalikan aliran bahan cair keluar dari corong.

Bagian ini dapat diputar-putar agar larutan bisa keluar sesuai yang dibutuhkan jenius people.

Fungsi Corong Pemisah

Corong pemisah memiliki fungsi penting dalam proses-proses industri, antara lain:

Pemisahan Zat Fase

 Corong pemisah digunakan untuk memisahkan fase cair yang tidak bercampur secara homogen, misalnya, pemisahan minyak dan air.

Ekstraksi

Dalam kimia, corong pemisah digunakan untuk mengambil atau mengekstraksi zat-zat tertentu dari campuran cair.

Untuk mengekstrak kedua cairan dengan tepat  yang tidak campur pada polaritas berbeda

Pemurnian

Corong pemisah juga digunakan untuk memurnikan bahan kimia dengan memisahkan zat-zat tidak diinginkan.

Pengenceran

Fungsi pengenceran tersebut, karena corong pemisah mampu mencairkan larutan dengan bantuan alat instrumen laboratorium lainnya.

Tujuannya agar dapat membantu proses pengenceran dengan larutan yang harus sesuai atau akurasi yang sangat tinggi.

Prinsip Kerja Corong Pemisah

Prinsip kerja corong pemisah didasarkan pada perbedaan berat jenis bahan cair yang akan dipisahkan.

Dengan membuka atau menutup stopcock pada bagian bawah separatory funnel, jenius people dapat mengendalikan aliran keluar cairan yang berbeda berdasarkan berat jenisnya.

Bahan cair dengan berat jenis yang lebih rendah akan naik ke atas, sedangkan yang lebih berat akan tetap di bawah. Ini memungkinkan pemisahan yang efektif.

Baca Juga:



Perawatan corong pisah

Apabila alat ini selesai digunakan, jenius people bisa membersihkan setiap komponen corong pisah seperti stopper, Separatory Funnel, Stopcock,

Pembersihan dapat dilakukan dengan sabun pencuci piring dan dibersihkan dengan sikat tertentu untuk bagian dalam separatory funnel, setelah bersih maka bisa disterilkan menggunakan aquadest.

Setelah itu ditempatkan pada wadah tertentu sampai kering lalu dikembalikan ke lemari khusus untuk alat ini.

Jika jenius people ingin menggunakan alat ini namun terdapat debu, maka jenius people tetap harus membersihkan dan mensterilkan alat ini.

Biar simple-nya aja deh, kalau jenius people ingin memahami lagi tentang bagaimana cara menggunakan corong pemisah, langsung nonton ini saja!

Cara Menggunakan Corong Pemisah ( Corong Pisah)| Sumber: Youtube STFI Bandung

Demikian artikel tentang apa itu corong pemisah, apabila jenius people punya pertanyaan kuyy komen aja. Terima kasih dan seeulagi!

Referensi: www.tabriiz.id| www.seputarpengetahuan.co.id

Leave a Comment